30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda INSPIRASI "Inagiri" Kue Kering Pengembangan Pak Yadi Asal Wonogiri

“Inagiri” Kue Kering Pengembangan Pak Yadi Asal Wonogiri

UMKMAJA.id – Kue kering biasa dinikmati oleh masyarakat Indonesia sebagai kudapan saat sedang santai, kerja maupun bisa di nikmati saat sedang ada acara hari raya besar. Saat ini banyak produk kue kering yang bisa dijadikan kudapan favorit untuk menemani hidup sehari-hari. Tapi siapa sangka dari kota Wonogiri muncul produk makanan kue kering yang sudah disukai oleh banyak masyarakat Indonesia.

Pak Yadi, pemilik dari kreasi produk UMKM Lokal “INAGIRI” yang berasal asli dari kota Wonogiri ini, berhasil mengembangkan kue gaplek makanan asli dari kota wonogiri. Dan dari usaha yang awalnya Cake and Bakery yang berdiri sejak tahun 2006, yang kemudian berekspansi ke produksi kue kering di tahun 2017.

Brand kue kering “INAGIRI” ini berasal dari gabungan kata Indonesia Wonogiri, yang berharap bahwa produk kue kering ini bisa membawa nama baik dan nama harum khususnya Wonogiri dan Indonesia ini untuk bisa masuk  di market nasional bahkan internasional.

Pak Yadi mengaku mendapatkan bahan baku untuk pembuatan kue kering “INAGIRI” ini dari hasil panen para petani di daerah wonogiri.

“Bahkan waktu itu para petani singkong enggan untuk memanenya karena hasil panenya tidak mencukupi untuk membayar upah memanenya. Maka kami pun bertekad untuk tetap menjalankan usaha ini dengan sistem pemberdayaan para petani singkong” kata Pak Yadi selaku pemilik dari inagiri saat dihubungi via whatsapp oleh editor UMKMAJA.id

Dalam proses pembuatan produk kue kering Inagiri, upgrade kualitas seperti kemasan sangat di perhatikan oleh pemilik, namun kuantitas pun tak lepas dari pengamatanya. Menggunakan mesin automatic cookies dapat menjaga kuantitas permintaan market nasional dan tak lepas dari sisi higienis karena kualitas masuk dalam bahan Food grade serta bentuk cookiesnya lebih presisi.

“Proses pembuatan roti gaplek inagiri ini sebetulnya mengalami beberapa kali trail error, atau tidak serta merta langsung jadi. Bahkan kami mengalami kurang lebih 50 kali kegagalan dalam proses mendapatkan resep inagiri yang saat ini kami pakai” menambahkan pak Yadi dalam menjelaskan proses pembuatan saat dihubungi editor UMKMAJA.id via whatsapp

Produk “INAGIRI” ini sendiri sudah mendapatkan izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan juga sudah melakukan sertifikasi HALAL, serta sudah mendapatkan ijin BPOM untuk bisa menembus pasar modern agar bisa diterima masyarakat. Dan merek sudah didaftarkan di HAKI yang sedang proses dan sudah mendapatkan nomor legalitas dari mereknya.

Inagiri Kue Kering Pengembangan Pak Yadi Asal Wonogiri
foto : produk Inagiri

Inagiri Produk Lokal UMKM Naik Kelas

Di saat ini, tranformasi digitalisasi penting untuk membuat kemudahan kepada konsumen maupun para pelaku UMKM. Tak lepas membuat pak Yadi untuk melakukan transisi ke digitalisasi brand “Inagiri” untuk bisa memperluas jaringan konsumen dan berbagi bisnis peluang usaha ke pebisnis lainya. Dengan datang ke website www.inagiri.net konsumen bisa melihat lebih jelas produk inagiri ini. Dan tak lepas pak Yadi memasarkan produknya melalui marketplace e-commerce Shopee dan Bukalapak, serta menggunakan facebook sebagai alat promosi.

Dan Inagiri beberapa kali menyabet beberapa penghargaan krenova dari Gubernur Jawa Tengah. salah satunya pemenang favorit krenova 2019. Perlu diketahui bahwa krenova adalah bentuk apresiasi Gubernur Jawa Tengah kepada mitra dan inovator yang secara nyata mendukung dalam memajukan produk inovasi untuk masyarakat luas.

Penghargaan Inagiri
Foto beberapa penghargaan Inagiri

Variant Produk Indonesia Wonogiri “INAGIRI”

Adapun variant rasa dari Inagiri ada beberapa variant, seperti coklat jahe, kayu manis, brownies mocaf mete, coklat mete, kelapa dan durian. Dan yang perlu diketahui bahwa produk tersebut terbuat dari bahan baku 100% tepung singkong yang melalui proses fermentasi atau kebanyakan orang menyebutnya tepung mocaf. Dengan dipadu bumbu rempah sehingga menjadi satu keunikan dari produk “Inagiri”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments