33.9 C
Jakarta
Thursday, April 22, 2021
Beranda NASIONAL Presiden Jokowi Akan Melanjutkan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM

Presiden Jokowi Akan Melanjutkan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM

“Kurang Lebih sebesar diatas 98% para UMKM mengalami penurunan penjualan serta setengah dari kelompok UMKM ini mengurangi karyawanya,” kata Teten dalam data SMRC tahun 2020

Tetapi walaupun demikian, kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia sedikit lebih baik dibandingkan dengan banyak negara tetangga ASEAN maupun negara-negara anggota G20, seperti Jerman (-5,0%), Rusia (-3,1%), Filipina (-9,5%) dan juga Amerika Serikat (-3,5%) sambung Teten.

Kondisi Ekonomi RI perlahan-perlahan menjadi baik ditandai dengan angka pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Triwulan IV-2020 sebesar minus 2,19% (yoy) atau lebih baik dibandingkan dengan triwulan II (minus 5,32%), maupun triwulam III (minus 3,49%).

“Dengan perkembangan ini, saya meminta kepada kita semua agar tetap optimis,” lanjut Teten

Untuk mengurangi resiko usaha dari para pengusaha UMKM agar bisa lebih layak mendapatkan akses pembiayaan, pihaknya juga 4 transformasi besar. Dengan begitu UMKM bisa terdata dengan baik, berusaha dalam skala ekonomi dan efisien, serta juga proses pembinaan menjadi lebih fokus dan terarah.

4 transformasi besar yang dimaksud oleh Teten adalah transformasi dan informal ke formal, memodernisasi koperasi, tranformasi ke dalam rantai nilai (value chain), dan juga transformasi ke digital dan pemanfaatan teknologi (GoDigital).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments