30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda NASIONAL Usaha Sandal Bakiak Mbah Hundari Salah Satu Usaha Bakiak Tertua Di Kediri

Usaha Sandal Bakiak Mbah Hundari Salah Satu Usaha Bakiak Tertua Di Kediri

UMKMAJA.id – Sandal kayu bakiak tradisional masih mencoba bertahan hingga saat ini walaupun di tengah hantaman sepatu atau sandal modern, salah satunya usaha sandal bakiak mbah Hundari di kota Kediri.

Sandal Bakiak adalah salah satu sandal tradisional Indonesia, setiap daerah yang ada di Indonesia mungkin bisa berbeda penyebutan untuk sandal bakiak ini. Bahkan di negara lain seperti Korea, China, ataupun jepang bisa saja ada sandal seperti sandal bakiak ini, namun bentuk dan model agak berbeda walaupun bahan yang digunakan sama seperti sandal bakiak, yaitu kayu.

Pada saat jaman dahulu mungkin anda pernah melihat orang tua anda menggunakan sandal bakiak ini. Sandal ini terbuat dari kayu yang dipotong dan dibentuk sedemikian rupa secara sederhana bagian atas menggunakan spon yang ditempel menggunakan paku.

Siapa sangka sandal bakiak ini bertransformasi di jaman saat ini agar bisa menarik pembeli yang kebanyakan dari kaum wanita. Sandal bakiak bisa menjadi sandal yang bernilai harga tinggi asalkan mempunyai inovasi dan ide yang kreatif agar bisa bersaing dengan sandal modern di saat seperti ini. Contohnya seperti sandal kelom geulis atapun sandal tarumpah.

Namun kabar ini datang dari jalan dhoho Kota Kediri, usaha sandal bakiak Mbah Hundari dan suaminya Sutanto menjual sepatu dan sandal bakiak sudah turun temurun dari keluarganya yang mempertahankan usaha dari sandal bakiak dari jaman jepang.

Usaha yang dijalankan oleh Mbah Hundari dan suaminya Sutanto ini dikenal sebagai usaha penjual bakiak tertua di kediri. Untuk dalam hal penghasilan memang sangat kurang memuaskan, mbah Hundari untuk mendapatkan uang Rp 20 ribu dari menjual sandal bakiak saja sudah sangat bagus.

Klinik UMKM Kota Kediri

Di lain pihak, kota Kediri mempunyai Kadin yang membantu dalam permasalahan pengusaha mikro yang bernama Klinik UMKM kota Kediri. Klinik UMKM kota Kediri berhasil untuk membantu dalam meningkatkan kinerja Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Kediri dalam hal pembinaan pengusaha mikro.

Sudah banyak para pelaku UMKM yang didampingi oleh Klinik UMKM Kota Kediri untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah MKM Naik Kelas. Bentuk pendampingan yang dilakukan salah satunya adalah memberikan informasi, layanan konsultasi, fasilitas, bantuan untuk advokasi bisnis, dan terakhir adalah layanan short course.

Usaha sandal bakiak mbah Hundari ini belum mendapatkan pelatihan dan pendampingan dengan Dinas Koperasi dan UKM kota Kediri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments