30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda NASIONAL 1 Juta UMKM Sudah Mulai Go Digital Sejak 14 Mei 2020, Salah...

1 Juta UMKM Sudah Mulai Go Digital Sejak 14 Mei 2020, Salah Satunya Melalui Tiktok

Sejak 14 mei lalu Pemerintah megeluarkan program gerakan Bangga Buatan Indonesia, mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan produk lokal agar bisa mendorong para pelaku UMKM untuk transformasi digitalisasi dan memasarkan produknya secara online. Karena penjualan produk secara online bisa menjadi solusi untuk mempertahankan bisnisnya di tengah kondisi pandemi Covid-19. salahsatunya program Tiktok bantu UMKM.

Program yang diluncurkan oleh Presiden Indonesia Joko Widodo ini, menurut Marves Odo R.M Manuhutu selaku Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko bertujuan untuk agar menambah jumlah UMKM yang menjalankan bisnisnya secara digital.

Karena baru 13 persen atau 8 juta UMKM yang sudah terhubung dengan platform digital dari total 60 jutaan UMKM yang berada di Indonesia. Mereka kebanyakan para pelaku UMKM yang membuka bisnis di luar kota besar banyak yang belum masuk ke platform digital.

Sejak program gerakan Bangga Buatan Indonesia dikeluarkan pada pertengahan Mei lalu, total sudah ada 1 juta para pelaku UMKM yang mulai menjual produknya secara online. Sebut Odo

“Sudah ada 1 juta pelaku UMKM yang transformasi digital dari target 2 juta para pelaku UMKM hingga akhir tahun dari laporan data terakhir yang masuk” Sebut Odo.

Kebanyakan para pelaku UMKM masih yang berada di Pulau Jawa seperti di Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, hingga Banten, Dari 1 Juta data terakhir para pelaku UMKM yang masuk ke platform digital.

Pemerintah indonesia pun bekerja sama dengan sektor swasta untuk mempercepat pencapaian target para pelaku UMKM yang masuk ke platform digital, termasuk penyedia e-commerce marketplace ataupun platform digital. Dan salah satunya adalah Aplikasi TikTok.

Odo pun mengapresiasi langkah TikTok membantu para pelaku UMKM untuk mempertahankan usahanya dengan masuk ke platform digital di tengah pandemi Covid-19.

“Kami mengapresiasi langkah mitra platform digital, termasuk TikTok, yang memberikan layanan khusus untuk mendukung program digitalisasi UMKM ini,” katanya.

Program Tiktok Bantu UMKM Go Digital

TikTok juga mengumumkan program Back-to-Business di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Tujuannya membantu para pelaku UMKM untuk tetap memperluas usaha bisnis dengan menggunakan platform digital di masa pandemi covid-19.

Melalui program dari tiktok bantu UMKM ini, pelaku usaha bisnis akan memiliki kesempatan memperluas binis melalui beriklan di TikTok dengan kredit sebesar USD 300 per UMKM untuk dipakai hingga 31 Desember 2020.

Syarat pengajuan pun terlebih dibilang cukup mudah, dengan memiliki akun TikTok Ads Manager dan memiliki izin usaha. Selanjutnya, pihak TikTok yang akan menentukan UMKM tersebut layak mendapatkan bantuan iklan USD 300 tersebut.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments