30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda NASIONAL Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id – Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif.

Rencana Pemerintah untuk memberikan bantuan modal bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan biaya sebesar Rp 2,4 juta. Bantuan modal untuk usaha ini diberikan kepada para pengusaha UMKM yang belum terintegrasi dengan akses perbankan.

Budi Gunadi Sadikin selaku Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional menyatakan bahwa program bantuan modal untuk pelaku UMKM ini belum bisa dibagikan dikarenakan Pemerintah masih harus mengumpulkan data penerima bantuan.

“Karena belum tercatat secara resmi dan formal, data yang ada kurang lengkap maka kita haru berhati-hati. Kami masih mencari UMKM yang belum mendapatkan akses perbankan agar bisa diberikan bantuan. Semua butuh proses, agar bisa dipercepat,” kata Budi dalam sebuah event webinar, Selasa (11/08/2020)

Pendataan Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM produktif

Pemerintah dalam hal in pun sampai meminta data dari beberapa penyedia pinjaman online agar bisa melakukan pendataan untuk para pelaku UMKM yang berhak bisa mendapatkan bantuan.

“Kami akan terus berkodinasi dengan antar K/L, termasuk dengan kita tahu bahwa banyak sekali platform peer to peer landing yang memberikan pinjaman adalah para UMKM dan tidak mendapatkan bantuan dari bank,” kata Budi.

Bantuan dengan anggaran total sebesar Rp 28,8 Triliun rencananya akan diberikan kepada 12 juta para pelaku UMKM.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan pinjaman sebesar Rp 2 juta dengan masa tenor 12 bulan dan suku bunga pinjaman dengan 0% untuk UMKM.

Di lain kesempatan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa program bantuan untuk UMKM ini akan diluncurkan bulan ini. Program ini disebut juga akan diumumkan langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo atau Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Untuk rencana bantuan Rp 2,4 juta akan diberikan dengan menggunakan data yang ada yang sekarang sedang di lakukan proses verifikasi akan diluncurkan pada bulan Agustus ini. Mungkin sesudah, atau saat 17 Agustus nanti oleh bapak Presiden atau Menterinya yang memang programnya sudah diumumkan,” ujar Sri Mulyani dalam event webinar Gotong-royong #JagaUMKMIndonesia.

Sama seperti Budi, Sri Mulyani memberikan pernyataan bahwa tantangan untuk meluncurkan program bantuan untuk para pelaku UMKM ini adalah masalah data. Untuk itu, saat ini Pemerintah saat ini sedang membereskan data UMKM yang akan membuat bantuan bisa tepat sasaran.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir selaku Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) memberikan penjelasan bahwa bantuan Rp 2,4 juta ini bisa diberikan dalam satu hingga dua pekan kedepan.

“Di sini tidak lain kita melakukan bantuan kepada UMKM produktif, di mana mudah-mudahan satu hingga dua minggi ini di akan di umumkan, 12 juta para pelaku mikro ritel akan dibantu Rp 2,4 juta,” ujar Erick Thohir di Menara Kadin Jakarta, Senin (10/08/20202).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments