30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda NASIONAL Pemerintah Meyiapkan Rancangan Penyaluran Kredit UMKM Tanpa Perbankan

Pemerintah Meyiapkan Rancangan Penyaluran Kredit UMKM Tanpa Perbankan

Jakarta, UMKMAJA.id – Dengan banyaknya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang belum tersentuh perbankan atau lembaga pembiayaan, Pemerintah saat ini sedang menyiapkan rancangan penyaluran stimulus modal kerja di saat pandemi virus Covid-19.

Asisten Deputi Permodalan Kementerian Koperasi dan UKM Fixy menjelaskan bahwa Skema untuk menyalurkan stimulus agar lebih eskpansif dan bisa menargetkan UMKM yang benar-benar terdampak pandemi Covid-19.

“Ini sedang kami bicarakan untuk teman-teman, terutama untuk usaha ultra mikro dan mikro. Pemerintah sedang mencoba untuk merancang bagaimana para pelaku UMKM juga bisa dapat mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk menjalankan usahanya,” berkata dalam diskusi virtual, Jumat (10/7).

Meski begitu, Fixy menjelaskan bahwa bantuan tersebut sangat berbeda dengan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) atau sembako dari pemerintah. Artinya, bagi pelaku usaha UMKM yang sudah mendapatkan bantuan berupa bantuan sosial dari kementerian sosial, mereka tetap bisa mendapaktan hak untuk mendapatkan bantuan modal kerja dari pemerintah.

“Untuk bantuan jenis ini bukan seperti bantuan lansung tunai yang bisa digunakan untuk bantuan konsumsi seperti bahan pokok. Bukan seperti itu, Jadi misalkan walaupun skema bantuan ini keluar, jenis bantuan yang dikeluarkan berupa bantuan untuk modal kerja. Dan penyaluran bantuan ini akan lebih selektif dalam memilih yang menerima bantuan modal kerja dari pemerintan,” lanjutnya.

Karena fungsi dari bantuan ini adalah menghidupkan kembali UMKM yang usahanya mati akibat pandemi Covid-19, Fixy menegaskan untuk langkah pemberian modal kerja tetap melakukan seleksi untuk berhati-hati agar bantuan yang diberikan Pemerintah bisa tepat sasaran kepada pelaku UMKM.

“Usaha-usaha yang akan mendapatkan bantuan modal kerja dari Pemerintah ini bagi usaha-usaha para pelaku UMKM yang masih bisa bekerja yang pelangganya masih ada, dan sektor usaha yang masih dibatasi penuh ya tidak bisa mendapatkan bantuan ini. Jadi tidak semua akan mendapatkan bantuan ini.” kata Fixy.

Dengan demikian, Kementerian Koperasi dan UKM mendorong bagi pelaku usaha UMKM agar membuka rekening di perbankan atau lembaga pembiayaan agar bisa akses untuk mendapatkan modal dengan bunga rendah yang sudah disiapkan pemerintah.

Karenaya, selama ini banyak pelaku UMKM yang tidak tersentuh dengan perbankan atau lembaga pembiayaan sulit mendapatkan stimulus berupa keringanan bunga dan penundaan kredit. Menurut Fixy, lembaganya menegaskan bahwa ada lebih dari 20 juta pelaku UMKM yang belum terhubung ke perbankan dan lembaga pembiayaan lainnya.

Hal ini menyebabkan mereka tidak bisa menerima pembiayaan dengan kredit murah yang disiapkan pemerintah. Karena yang diketahui saat ini Pemerintah menyiapkan stimulus bagi para pelaku UMKM dengan anggaran sebesar Rp123,46 Triliun.

Namun, hingga 9 Juli 2020 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mencatat bahwa penyalurannya masih sangat rendah yakni Rp8,42 triliun atau setara 6,82 persen dari pagu anggaran.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments