24.5 C
Jakarta
Sunday, March 7, 2021
Beranda NASIONAL Pertamina ambil bagian dalam pengembangan UMKM terdampak Covid-19 melalui program kemitraaan

Pertamina ambil bagian dalam pengembangan UMKM terdampak Covid-19 melalui program kemitraaan

UMKMAJA.id – Disaat Covid-19 ikut memukul usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2E LIPI) mengungkapkan, pukulan ini disebabkan turunnya daya beli serta pembatasan aktivitas fisik masyarakat.

Padahal ketika krisis ekonomi pada tahun 1998 dan tahun 2008, UMKM mampu bertahan bahkan menjadi bantalan ekonomi negara.

Karena itulah, berbagai pihak ikut turun tangan memberikan stimulus ekonomi pada sektor UMKM, seperti pinjaman, relaksasi perbankan, pelatihan online, dan sebagainya. Salah satunya PT Pertamina ambil bagian dalam pengembangan UMKM terdampak Covid-19.

Pertamina memberi dukungan terhadap UMKM terdampak Covid-19 dengan Program Kemitraan yang sebenarnya telah dijalankan sejak sebelum masa pandemi untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah.

Unit Manager Communication Relations & CSR Marketing Operation Region III Dewi Sri Utami menjelaskan, Program kemitraan adalah program pengembangan pelaku UMKM yang meliputi permodalan, pemberian pelatihan dan sertifikasi, serta akses pasar untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Pertamina ambil bagian dalam pengembangan UMKM terdampak Covid-19

“Program kemitraan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial Pertamina dalam mendorong kemandirian masyarakat, khususnya UMKM yang ingin mengembangkan usahanya,” jelas Dewi. Pelaku UMKM yang ingin ikut serta program tersebut dan menjadi mitra binaan Pertamina harus terlebih dahulu mengajukan proposal melalui situs web https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan.

Selanjutnya, Pertamina akan melakukan survei dan wawancara kepada pelaku UMKM untuk melihat potensi dan rencana pengembangan bisnis ke depannya. Tahapan ini biasanya dilakukan secara langsung atau tatap muka.

Namun, sejalan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang mengharuskan menjaga jarak fisik, kini beragam tahapan penjaringan kemitraan itu dilakukan secara daring. Meski tak bisa bertatap muka, Dewi meyakinkan komitmen Pertamina dalam menyalurkan modal usaha. Hal ini karena Pertamina memahami pentingnya dukungan bagi UMKM di situasi sulit seperti saat ini.

“Tak hanya permodalan, peluang bisnis dan akses pasar yang dimiliki Pertamina akan sangat membantu pelaku usaha untuk berkembang. Meski berada dalam keterbatasan karena pandemi Covid-19,” tambah Dewi.

Berbagai upaya PT Pertamina ambil bagian dalam pengembangan UMKM salah satunya melalui “program kemitraan”, salah satunya adalah kolaborasi dengan program LPG Non-Subsidi (Bright Gas).

Kolaborasi itu menghasilkan program Pinky Movement yang menawarkan pembiayaan pinjaman murah kepada UMKM.

1 KOMENTAR

  1. […] “Program kemitraan pada dasarnya adalah sebuah kegiatan community development yaitu untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat terutama untuk membangkitkan kemandirian ekonomi masyarakat di daerah,” kata Vice President Corporate Social Responsibility dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Pertamina Arya Paramita dalam Webinar “Penyediaan dan Akses Permodalan bagi UMKM Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” Jumat (12/6/2020). […]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments