26.4 C
Jakarta
Monday, March 8, 2021
Beranda NASIONAL Program Pemulihan Ekonomi Nasional Pemerintah untuk membantu sektor UMKM dan Padat Karya

Program Pemulihan Ekonomi Nasional Pemerintah untuk membantu sektor UMKM dan Padat Karya

UMKMAJA.id – Agar dunia usaha bertahan dari pandemi Covid-19 yang membuat pergerakan ekonomi melambat karena berkurangnya konsumsi dan banyaknya PHK pemerintah mengeluarkan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Besar anggaran yang disiapkan pemerintah dalam program Pemulihan Nasional bertotal Rp384,45 triliun melalui kementerian keuangan republik indonesia.

Program Pemulihan Ekonomi Nasional Pemerintah untuk Sektor UMKM dan Padat Karya

“Sektor usaha apakah yang bisa ditolong agar supaya dia survive dan kalau bisa tetap beroperasi. Harapanya supaya agar dampak pengangguran dari krisis ini tidak akan terlalu berat. Subsidi bunga, penempatan restru UMKM, penjaminan untuk modal kerja UMKM dan perusahaan padat karya yang pekerjanya melebihi 300 orang keatas. Dan dipastikan dampaknya bisa mengurangi pengangguran.dalam bagian well measured, well targetted. Selanjutnya ada insentif perpajakan, dukungan kepada Pemda, sektor pariwisata, padat karya di lingkup kementrian/Lembaga, cadangan perluasan program sesuai kebutuhan” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (Kepala BKF) Febrio Kacaribu dalam acara tanya BKF virtual bertema program Pemulihan Ekonomi Nasional dan isu Fiskal lainya.

Dalam perincian program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tersebut, Pemerintah menyediakan subsidi bungan Rp35,28 triliuin, Dana untuk restrukturisasi UMKM, Padat Karya UMKM dan Padat Karya Rp82,2 triliun, dana talangan untuk investasi modal kerja Rp19,65 triliun, insentif perpajakan Rp123,01 triliun, dukungan kepada Pemda Rp14,7 triliun, sektor pariwisata Rp3,8 triliun, Program Padat Karya pada ke kementerian/Lembaga (K/L) RP18,44 triliun,pembiayaan investasi pada korporasi melalui LPDB KUMKM Rp1 triliun, dan cadangan perluasan Rp58,87 triliun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments