30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda NASIONAL Stimulus Bantu UMKM, Shopee Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Stimulus Bantu UMKM, Shopee Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Dampak ekonomi sosial saat pandemi Covid-19, pelaku UMKM adalah salah bidang yang sangat terdampak saat masa pandemi. Pemerintah mencoba berbagai cara untuk memulihkan situasi di saat seperti ini dan juga banyak berbagai pihak untuk turut serta dalam program pemulihan nasional. Tak terkecuali salah satu e-commerce terbesar di Indonesia Shopee. Shopee dukung pemulihan ekonomi nasional untuk sektor UMKM yang terdampak untuk pulih dalam situasi pandemic Covid-19.

Shopee mengambil Langkah untuk mendukung Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020, tentang pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sasaran dalam program ini adalah pelaku UMKM yang terdampak saat masa pandemi Covid-19 ini.

Program Bantuan Shopee Berupa Kredit Usaha Rakyat

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan bila saat ini diperlukan sinergi berkelanjutan pihak swasta dengan pemerintah untuk bisa membantu untuk menanggulangi dampak Covid-19 terhadap sektor perekonomian. Melalui program bantuan ‘Dukungan Pemulihan Ekonomi Nasional Shopee’ adalah langkan sebagai shopee dukung pemulihan ekonomi nasional, pihaknya melanjutkan komitmen setelah sebelumnya rilis program stimulus Dukungan Covid-19 100M Shopee.

“Selain menyediakan bunga pinjaman spesial dan stimulus modal, Shopee juga turut menyertakan inisiatif ekspor untuk terus memperluas jangkauan mitra penjual UMKM kami,” terang Handhika. Shopee berharap jika bantuan ekonomi ini dapat tepat guna, membantu sektor UMKM secara signifikan di tengah situasi pandemi.

Dibuat sejalan dengan skema Program Ekonomi Nasional yang sudah ditetapkan, Shopee bekerja sama dengan bank Rakyat Indonesia (BRI). Keduanya akan menyediakan bunga pinjaman kepada lebih dari 10 ribu UMKM. Solusi pembiayaan akan diberikan dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan kerja sama ini, para pelaku UMKM dapat mengakses bantuan modal secara lebih mudah. Meminimalisir banyaknya persyaratan administrasi pinjaman.

Selain memberikan pinjaman, Shopee juga akan membantu 20 ribu UMKM lokal agar dapat mengekspor produknya ke negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Mulai dari bulan April kemarin, Shopee kembangkan program ekspor yang telah sukses mengekspor 5.000 produk-produk lokal ke Malaysia dan Singapura. Ekspor dinilai dapat menjadi salah satu peluang yang dapat dimaksimalkan oleh pelaku UMKM, sebagai upaya menjaga pergerakan roda ekonomi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments