30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda PELUANG USAHA Cara Mendirikan Bisnis Waralaba Sendiri Dari Awal, Simak Caranya

Cara Mendirikan Bisnis Waralaba Sendiri Dari Awal, Simak Caranya

UMKMAJA.id – Untuk saat ini waralaba adalah sistem bisnis yang banyak digunakan oleh para pengusaha atau para pebisnis-pebisnis di Indonesia. Berbeda saat beberapa tahun kebelakang yang dimana yang bermain di model bisnis waralaba adalah perusahaan-perusahaan yang besar, dan pada saat ini di tahun 2019 akhir, bisnis waralaba ini telah banyak dijalankan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM.

yuk kalian simak bagaimana cara mendirikan bisnis waralaba sendiri dari awal saat menyusun konsep hingga membuat bisnis menjadi badan usaha berpayung hukum.

Point Cara Mendirikan Usaha Bisnis Waralaba Sendiri

1. Menentukan Model Bisnis yang akan Dibuat Menjadi Waralaba

Hal yang paling pertama yang harus anda siapkan sudah pastinya adalah Model Bisnis Waralaba yang akan kalian buat. Apakah seperti hak sewa merek atau brand, ataupun perpindahan aset usaha dan hak tempat. Contoh sederhanya, apakah bisnis waralaba kalian hanya sebatas orang lain boleh menggunakan brand kalian atau meengharuskan orang lain untuk membeli produk kalian juga.

Paket bisnis usaha bisa berupa tempat, bahan baku, perlengkapan untuk usaha, dan lain sebagainya. Dan anda juga harus memperhatikan bahwa model usaha anda tidak akan menyulitkan orang lain.

2. Melakukan Analisa Kelayakan Bisnis Usaha

Lakukan analisa terhadap kelayakan bisnis usaha yang anda akan buat menjadi model bisnis waralaba. Contohnya dengan melakukan kalkulasi perhitungan lamanya modal awal dapat kembali dari saat usaha bisnis mulai beroperasi. Semakin cepat mendapatkan pengembalian dari modal yang dikeluarkan, maka akan banyak juga minat orang yang akan membeli bisnis usaha waralaba yang kalian buat.

Selain itu juga perkirakan berapa awetnya usaha yang kalian tawarkan, supaya harapanya bisnis usaha kalian bisa jalan ke depan. Carilah hal yang bisa mempengaruhi usaha anda yang membuat tidak akan jalanya bisnis waralaba atau franchise, Dengan hal tersebut mungkin akan memungkinkan akan membuat para mitra akan merugi dan imbasnya akan terkena pada usaha bisnis waralaba yang kalian jalani.

Waralaba pun seperti bisnis usaha seperti pada umumya, Diperlukannya ide kreatif dan inovasi yang kokoh agar bisa mengikuti perkembangan jaman yang akan datang.

3. Daftarkan Brand/Merek Usaha

Segera daftarkan brand usaha Anda ke Ditjen Kekayaan Intelektual (DJKI). Sehingga brand Anda dapat dilindungi dari duplikasi yang mungkin terjadi. Contohnya bisa kalian lihat saat kasus Geprek Bensu dengan I’am Geprek Bensu, dimana mendaftarkan brand anda ke Ditjen Kekayaan Intelektual (DJKI) sangatlah penting.

4.Lakukan Penyusunan Standar Operasional Prosedur Pada Produk Usaha Bisnis

Salah satu unsur paling baku dalam bisnis waralaba adalah adanya Standar Operasional Prosedur(SOP). Sehingga akan mempermudah mitra untuk cara operasional mereka.

Standar Operasional Prosedur (SOP) bisa saja seperti cara penyimpanan bahan baku, cara-cara untuk penyajian, cara menangani konsumen, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda selaku pembuat bisnis usaha waralaba bisa menjual produk anda dengan kualitas yang terjaga, selain itu juga untuk mempermudah partnert/mitra selaku Franchisee dalam menjalankan usaha.

5. Membuat Perjanjian Untuk Mitra dalam Menjalani Usaha Waralaba

Perjanjian kemitraan pada bisnis waralaba umumnya sama seperti perjanjian usaha lainya. Yang dimana di dalam perjanjian itu berisi untuk mengatur kesepakatan dengan peran masing-masing. Perjanjian itu nantinya untuk mengatur wewenang dan tanggung jawab antara pembuat bisnis waralaba dengan mitra bisnis. Di dalam perjanjian tersebut juga bisa mengatur bagaimana cara melakukan pembayaran bagian usaha, pembagian besar pendapatan, hingga setelah kerjasama usaha waralaba ini selesai diantara kedua pihak.

6. Membuat Tim Manajemen

Dalam sistem bisnis waralaba ini, yang terpenting dalam untuk cara mendirikan bisnis waralaba sendiri dari awal adalah manajemen. Karena biasanya para mitra yang bekerja sama dengan anda hanya seperti investor, sehingga tanggung jawab manajemen diberikan kepada pusat pembuat usaha bisnis waralaba.

Saat berjalanya usaha waralaba atau franchise, Anda diperlukan untuk memberikan bantuan manajemen kepada para mitra waralaba. Misal dari untuk supply bahan baku, foto produk, cara pemasaran online dan lain sebagainya.

5. Membuat Bisnis Waralaba Anda Berbadan Hukum

Untuk cara membuat bisnis waralaba dari awal ini anda diharuskan membuat PT atau CV terlebih dahulu untuk memperkuat bisnis waralaba anda berbadan hukum yang terdaftar di pemerintah.

Untuk cara dan persyaratan pendaftaran harus sesuai dengan PP No. 42 Tahun 2007 Bab V. Disana dijelaskan secara lengkap tata cara dan persyaratanya. langkahnya sebagai tertera di foto tersebut:

Cara Mendirikan Bisnis Waralaba Dari Awal Umkmaja

Namun untuk lebih jelasnya mengenai Peraturan Pemerintah tentang waralaba bisa kalian baca melalui artikel di hukumonline.

6. Lakukan Pemasaran Bisnis Waralaba

Setelah poin-poin di atas sudah dilakukan, maka barulah anda melakukan launching produk dan pemasaran pada bisnis warala kalian. sama seperti yang sudah kita ulas bahwa pemasaran sama saja dengan pemasaran-pemasaran produk usaha lainya. Anda bisa memasarkan produk melalui offline ataupun dengan online. Untuk secara online bisa dengan menggunakan media sosial ataupun dengan membuat website atau menaruh konten untuk promosi di website yang bisa dijadikan sebagai untuk media promosi seperti UMKMAJA.id.

Dan tentunya sudah pasti anda harus memberikan promo ataupun penawaran yang sangat menarik agar bisa banyak menjangkau para calon mitra.

7. Pengawasan Para Mitra Untuk Peningkatan Usaha Waralaba

Ketika usaha bisnis waralaba anda telah berjalan, kalian harus melakukan pengawasan terhadap para mitra franchise. Dengan melakukan pengawasan kepada mitra bisnis waralaba kalian, anda bisa memastikan bahwa usaha bisnis waralaba anda berjalan sesuai standar operasional prosedur kalian. Dan juga bisa langsung menangani permasalahan para mitra jika terjadi kendala dalam menjalankan usaha. Karena dengan memberikan bantuan kepada mitra waralaba anda itu bertujuan untuk memberikan pengaruh kepada binis waralaba anda untuk kedepanya, apakah bisnis usaha waralaba anda bergerak maju atau tidak.

8. Ambil Kesempatan Untuk Memperluas Jaringan Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba sudah bergerak maju dan grafik usaha bisnis kian meningkat di indonesia. Hal yang utama harus anda lakukan adalah ambil kesempatan untuk membuka jaringan di luar negeri. Dengan melakukan ekspansi jaringan bisnis ke luar negeri, bukan tidak mungkin usaha anda akan masuk menjadi salah satu bisnis jaringan siap bertanding dengan banyaknya bisnis waralaba global.

Itulah beberapa point untuk cara mendirikan bisnis waralaba sendiri dari awal. semoga artikel ini bermanfaat bagi yang ingin memulai bisnis usaha waralaba dan bisa membantu masyarakat untuk menambah lapangan pekerjaan serta untuk menggerakkan ekonomi negara melalui bisnis waralaba ini dalam krisis setelah masa pandemi Covid-19. Semoga membantu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments