30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda STARTUP Mitra Gojek Dapat Akses Peminjaman Modal Ringan DigiKu

Mitra Gojek Dapat Akses Peminjaman Modal Ringan DigiKu

Jakarta, UMKMAJA.id – Bank BRI bekerjasama dengan Gojek untuk menyediakan akses pinjaman dengan bunga ringan melalui program Digital Kredit untuk UMKM (DigiKu) untuk para mitra Gojek. Gojek sudah masuk menjadi bagian dalam mitra Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Untuk layanan Digital Kredit untuk UMKM (DigiKu) adalah merupakan sebuah layanan bentuk dari komitmen Pemerintah untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk masuk dalam ekosistem digital, dan untuk melengkapi gerakan yang sebelumnya sudah berjalan yaitu gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

Shinto Nugroho yang merupakan Chief Public Policy and Government Relations Gojek mengatakan pada Selasa (21/07) bahwa Gojek sudah berkolaborasi dengan salah satu Bank Himbara yakni Bank BRI untuk menyediakan akses fasilitas pinjaman bunga ringan untuk mitra UMKM.

Gojek Salurkan Kredit DigiKu Untuk Para Mitra UMKM

“Di saat pandemi seperti ini sangat mempengaruhi pendapatan bari para mitra kami, sehingga akses fasilitas pinjaman bunga ringan ini akan bisa membantu meringankan beban finasial mereka. Terlebih lagi khusus untuk UMKM. Fasilitas pinjaman bunga ringan ini diharapkan mampu untuk memberikan perputaran bagi usaha dan sekaligus untuk menangkap kesempatan baru. Gojek sangat mengapresiasi dan berterima kasih karena telah memberikan akses fasilitas pinjaman khusus yang dirancang bagi para mitra UMKM kami dengan upaya gotong royong yang dilakukan oleh Bank BRI dan Pemerintah,” ujar Shinto.

Sebagai mitra program Digital Kreatif untuk UMKM (DigiKu), Gojek akan menyediakan informasi kepada Himbara dan Pemerintah untuk mendukung penyaluran kredit bagi UMKM yang tepat. Dan mengingat bahwa salah satu kesulitan yang akan dihadapi untuk penyaluran kredit pada UMKM adalah terbatasnya data transaksi dan kesehatan usaha dan juga aset untuk yang akan dijaminkan.

Gojek akan membantu Himbara untuk bisa mengetahui pelaku UMKM yang dapat memperoleh bantuan pembiayaan dengan tepat melalui skema gotong-royong yang ada di program layanan DigiKu.

“Solusi yang ditawarkan Gojek adalah seperti pembinaan untuk pengelolaan usaha secara efisien, pelatihan kewirausahaan, dan juga promosi yang gencar dilakukan untuk membantu UMKM agar usahanya bisa terus bergerak. Karena dengan perputaran yang sehat, para mitra UMKM akan semakin layak mendapatkan berbagai macam kesempatan agar bisa memperoleh stimulus dari Himbara dan pemerintah, dan juga termasuk DigiKU,” ujar Shinto

Sebelumnya untuk diketahui, Bank BRI dan Gojek telah memberikan pengumuman bahwa program untuk peminjaman bunga ringan akan memasuki tahap awal. Dan pada tahap awal ini Bank BRI telah memberikan penawaran fasilitas pinjaman kepada sejumlah mitra GoCar dan GoRide yang berdomisi di area jabodetabek sudah melalui seleksi dan pemeriksaan terlebih dahulu.

 Dan untuk usaha para mitra GoFood yang memenuhi persyaratan perbankan yang sudah ditetapkan oleh Bank BRI, Bank BRI akan memberikan penawaran bantuan peminjaman sampai dengan Rp 20 juta, dengan masa tenor selama 24 bulan, dan biaya pembayaran akan mendapatkan keringanan dalam 3 bulan pertama.

Sedangkan untuk para mitra driver GoCar dan GoRide, fasilitas untuk peminjaman yang akan ditawarkan adalah sebesar Rp 5 juta dengan tenor pinjaman selama 24 bulan. Sama seperti peminjaman pada usaha mitra gofood, mitra driver Gocar dan Goride yang mendapatkan fasilitas peminjaman akan mendapatkan keringanan dalam 3 bulan pertama dalam biaya pembayaran.

Bergabungnya Gojek di dalam mitra program DigiKu yang diluncurkan oleh Kementerian Perekonomian Bidang Kemaritiman dan Investasi Bersama dengan Himbara adalah sebagai salah satu bentuk kontribusi startup karya anak bangsa untuk mensukseskan program gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments