30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda TIPS Cara Menarik Pembeli Di Media Sosial Agar Produk Laku

Cara Menarik Pembeli Di Media Sosial Agar Produk Laku

UMKMAJA.id – Media sosial adalah platform fasilitas untuk berbagi informasi umum, ide, pekerjaan, bahkan digunakan untuk bisa sharing penjualan produk. Di era seperti saat ini, media sosial sangat dibutuhkan untuk menarik minat masyarakat untuk membeli produk yang sedang kita jual. Bahkan media sosial bisa sebagai alat untuk membuat ladang bisnis kita meroket. Contohnya berjualan di Instagram, Facebook, Twitter, Whatsapp atau media sosial lainya. Bagaimana cara menarik pembeli di media sosial agar produk anda laku?

Namun pada kenyataanya, Ada sebagian orang yang tidak bisa maintain sosial media sebagai alat promosi agar bisa mendapatkan pembeli dari penjualan produknya, entah itu usaha kuliner, fashion ataupun aksesoris. Karena untuk mendatangkan pembeli kita harus memberikan sesuatu agar produk kita laku di pasaran melalui sosial media. Mau tau langkah-langkah yang bisa di persiapkan oleh anda untuk menarik pembeli? yuk baca selengkapnya dibawah mengenai cara menarik pembeli di media sosial agar produk laku dan laris.

Langkah Optimasi Cara Untuk Menarik Pembeli Di Media Sosial Agar Laku

Kira-kira apa yang di lakukan oleh para pengusaha bisnis untuk menarik pembeli dari media sosial? Karena dari itu bisa kalian coba dengan melakukan cara untuk menarik pembeli di media sosial agar produk laku ini.

1. Menentukan Target Yang Potensial

Sebelum anda memulai berjualan di media sosial, lakukan dengan menentukan target potensial yang sesuai dengan tema anda agar lebih banyak para pengguna di media sosial untuk bisa tertarik dengan produk yang anda tawarkan. Cara termudah untuk menentukan target potensial adalah dengan memberikan informasi produk yang lebih spesifik untuk kelompok usia tertentu. Misalnya dengan memilih anak kecil, dewasa, laki-laki, perempuan atau ibu-ibu.

Buatlah group yang sesuai dengan tema produk penjualan anda lebih spesifik contoh anda bisnis usaha kuliner, bisa buat group Facebook, Whatsapp, Instagram, Twitter, atau media sosial lainya. Contohnya seperti group “Makanan Ringan Kekinian Murah”.

Group yang anda buat khusus dengan sesuai tema yang produk anda jual akan lebih mudah akan diterima oleh masyarakat sesuai dengan keinginan mereka. Orang lain yang masuk kedalam group itu adalah taget potensial anda untuk waktu kedepanya, orang yang masuk di dalam group itu bisa sebagai pembeli, reseller atau orang yang ingin menjual kembali produk anda, atau bahkan bisa menjadi agen dari produk yang anda tawarkan di dalam group itu.

2. Membuat Status Atau Caption Yang Menarik

Status dengan caption yang menarik dan unik akan membuat orang untuk melakukan LIKE atau SHARE status yang anda buat akan lebih membuat produk dan usaha anda akan dikenali oleh orang lain. Cara menarik perhatianya bisa mengangkat status yang sedang trend dan sesuai dengan usaha bisnis atau produk yang kalian tawarkan.

Buatlah caption atau status yang bisa membuat caption anda viral mengenai produk yang anda tawarkan kepada mereka. Bisa dengan menggunakan ide kreatif dengan produk kalian untuk membuat caption atau status yang bisa berpotensi akan lebih banyak mengenal produk kalian.

3. Tambahkan Hastag Pada Akhir Postingan

Tambahkan hastag yang sesuai dengan target produk yang kalian jual. dengan menambahkan hastag pada akhir caption akan membantu untuk orang untuk melakukan pencarian produk yang sesuai mereka cari. Maka begitu bila hastag kalian sesuai dengan produk yang anda jual, bukan tidak mungkin produk anda akan dilirik oleh mereka yang sedang mencari kebutuhan mereka sesuai dengan keinginan produk yang mereka cari.

Untuk menuliskan hastag kalian bisa tambahkan di akhir status yang sudah kalian buat. contohnya seperti #KueKeringKekinian, #JajananKekininian atau bisa dengan ikuti hastag yang sesuai dengan produk anda dan sudah ada di platform tersebut.

4. Berikan Respon Yang Cepat

Untuk mencegah pembatalan order para pembeli yang akan membeli produk kalian, segera berikan respon yang cepat terhadap calon konsumen untuk menjawab pertanyaan yang muncul dari para calon konsumen.

Dengan respon yang lambat atau sama sekali tidak merespon para calon konsumen akan membuat anda kehilangan calon konsumen yang beralih ke penjual lainya yang ada di sosial media. Maka dari itu berikanlah respon yang cepat untuk para calon konsumenmu ya

5. Baiknya Komunikasi Dengan Konsumen

Tak kalah penting adalah komunikasi dengan pelanggan. Komunikasi dengan pelanggan, entah itu dari whatsapp, mesengger facebook, DM Instagram, Twitter, maupun sosial media lainya. Dengan melakukan komunikasi dengan pelanggan secara baik dan secara terus menerus, anda memungkinkan bisa mendapat order dari pelanggan yang sama dengan barang berbeda ataupun dengan pembelian produk dengan barang yang sama. Istilahnya Repeat Order (RO).

Dengan cara berkomunikasi entah itu bertanya tentang barang yang sudah sampai, kondisi barang apakah sesuai, ataupun dengan menanyakan review dari pelanggan tersebut untuk dijadikan testimoni. Saat anda update di sosial media, pasti mereka akan selalu melihat posting produk-produk yang kalian keluarkan entah itu baru ataupun stock lama.

Tips untuk berjualan melalui sosial media dengan cara menarik pembeli di media sosial agar produk laku memang bisa dilakukan oleh semua orang. Namun dengan melakukan secara konsisten dan terus menerus itu yang paling susah dikalahkan oleh banyak orang. Ada baiknya kalian mempunyai sebuah tim yang bisa memegang kendali akun media khusus untuk berjualan di sosial media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments