30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda TIPS Syarat Mendirikan Usaha Kecil Mikro atau Menengah Yang Wajib Diketahui!

Syarat Mendirikan Usaha Kecil Mikro atau Menengah Yang Wajib Diketahui!

Jakarta, UMKMAJA.id – Di saat seperti sekarang ini hampir banyak masyarakat indonesia banyak sekali yang ingin mendirikan usaha, mulai dari usaha berskala yang besar, usaha kecil maupun usaha menengah. Dan di beberapa tahun belakangan juga banyaknya pelaku usaha yang memulai usaha mereka.

Contohnya bisa kita lihat banyaknya usaha bisnis mulai dari usaha fesyen, usaha bisnis kuliner, dan juga mulai bermunculnya startup-startup baru yang di lakukan oleh para pelaku UKM. Dari banyaknya bisnis yang sudah dilakukan oleh banyak orang orang, namun ada juga yang ingin mempunyai rencana untuk berbisnis di waktu dekat, namun beberapa dari mereka banyak yang tidak mengetahui tentang syarat mendirikan Usaha Kecil Mikro atau Menengah yang benar. Maka dari itu, UMKMAJA.id akan mengulas tentang syarat untuk memulai bisnis UKM ini. Beberapa diantaranya adalah:

Syarat Mendirikan Usaha Kecil Mikro dan Menengah

Beberapa syarat untuk mendirikan usaha kecil yang bisa kalian lakukan untuk para pemula yang ingin terjun langsung ke dunia usaha bisnis berskala kecil dan menengah. Diantaranya :

Merencanakan Manajemen Secara Jelas

Langkah paling awal untuk mendirikan sebuah usaha yang paling diperhatikan adalah perencanaan manajemen bisnis yang jelas. Dengan manajemen yang jelas pastinya akan membuat usaha akan selalu mendapatkan hasil yang positif terhadap keberlangsungan usaha yang akan didirikan. Contohnya bisa seperti perekrutan karyawan, pengelolaan keuangan dengan menggunakan sistem pembukuan yang baik.

Pintar Melihat Peluang

Kunci suskes untuk menjalankan usaha berbagai sektor bisnis yang kedua dalam syarat mendirikan usaha kecil mikro adalah pintarnya melihat peluang yang bisa diadopsi untuk bisa mendatangkan keuntungan ke depanya. Salah satunya adalah dengan melihat di tempat sekitar anda, usaha apa yang bisa kalian ciptakan untuk bisa dibuat agar mendatangkan keuntungan kedepanya.

Misalnya lokasi tempat anda bisa dijadikan sebuah tempat kuliner dikarenakan dekat dengan pusat jalan umum yang ramai, atau bisa juga dengan membuka usaha digital printing atau fotocopy karena lokasi dekat dengan pusat pemerintahan. Namun yang selalu diperhatikan adalah trend dari target pasar agar bisa membuat ide kreatif dan terus melakukan inovasi.

Memiliki Keunggulan Produk

Keberhasilan dalam melakukan usaha adalah dengan cara memiliki keunggulan produk yang akan dikeluarkan oleh pendiri usaha, entah usaha berskala besar, usaha berskala besar, maupun usaha berskala kecil mikro dan menengah. Dengan memiliki keunggulan produk, maka produk yang dibuat akan laris ke depanya.

Keunggulan produk juga tidak bisa terlepas dari keunikan produk yang akan dipasarkan. Dengan melihat trend perkembangan di masyarakat saat ini yang kita bisa lihat usaha laris karena dari keunikan produk yang diciptakan oleh pelaku usaha tersebut. Memiliki produk yang diunggulkan dari para pesaing akan membuat usaha akan laris kedepanya.

Boleh saja mengikuti ide produk yang sudah ada dipasaran, namun akan lebih baik bila memiliki tambahan ide yang kreatif dan inovasi dari produk yang sudah ada dipasaran, bukan dengan mengikuti produk yang dipasaran saja. Faktanya, dengan hanya mengikuti ide produk yang sudah ada dipasaran, anda tidak mempunyai kelebihan dari produk serupa yang sudah banyak dipasaran.

Dan jangan lupakan memikirkan untuk memiliki ide kreatif strategi promosi yang baik dan berbeda dengan produk yang sudah ada dipasaran. Buatlah ide promosi yang semenarik mungkin untuk menarik pelanggan.

Mengurus Segala Administrasi

syarat mendirikan usaha kecil selanjutnya adalah mengurus segala administrasi untuk usaha yang akan didirikan. Dengan mengurus semua administrasi anda akan semakin serius untuk menjalankan usaha yang sudah anda didirikan setelah mempunyai manajemen yang jelas dan produk yang berkualitas. Dan dengan mempunyai legalitas dalam hal administrasi akan sangat diperlukan di kemudian hari.

Agar usaha anda bisa dikatakan terdaftar secara resmi secara administrasi, anda harus melengkapi berbagai dokumen-dokumen sebagai berikut :

1. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Secara dasarnya, usaha yang masih bertaraf Usaha Kecil Menengah tidak perlu mengajukan untuk permintaan pembuatan Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Namun dokumen ini bisa anda urus jika memang sangat diperlukan oleh anda.

2. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
Untuk membuktikan legalitas usaha sangat diwajibkan untuk mempunyai Surat Izin Usaha Perdagangan. Bahkan untuk usaha yang berskala Usaha Mikro.

3. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
Salah satu dokumen yang penting sebelum mengurus perijinan lainya adalah wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak wajib dimiliki dengan memakai nama pemilik/penanggung jawab perusahaan.

4. Izin Gangguan
Untuk mendirikan sebuah usaha di lokasi yang kalian rasa bisa menimbulkan gangguan, bahaya atau kerugian. Anda harus memiliki dokumen Izin Gangguan sebagai bentuk izin mendirikan usaha di lokasi.

5. Sertifikasi Halal
Untuk yang ingin memulai usaha di bidang kuliner, agar lebih dipercaya oleh banyak masyarakat anda diharuskan memiliki sertifikat halal yang dikeluarkan MUI. Faktanya, produk yang sudah memiliki sertifikat halal akan lebih dipercaya untuk dikonsumsi karena kehalalanya.

6. Ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)
Bila mempunyai usaha mikro di bidang sektor makanan dan minuman. Anda diharuskan memiliki ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Dengan memiliki ijin PIRT, sudah dipastikan produk yang ingin dipasarkan sudah pasti diperbolehkan ijin edarnya karena sesuai dengan keawetan produk agar lebih dipercaya dalam hal kesehatan kepada para konsumen.

Itulah beberapa syarat mendirikan usaha kecil mikro atau menengah yang harus kalian penuhi. dengan melakukan beberapa hal di atas, maka anda bisa dikatakan serius dalam hal untuk memulai usaha yang akan dimulai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments