30.2 C
Jakarta
Wednesday, November 25, 2020
Beranda TIPS Trend Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Menggiurkan

Trend Bisnis Modal Kecil dengan Keuntungan Menggiurkan

Trend bisnis usaha dengan modal kecil dari waktu ke waktu akan selalu mengalami perkembangan. Sebab konsumsi masyarakat akan selalu berbeda-beda. Maka dari itu mengikuti perkembangan usaha bisnis dan analisa peluang yang ada harus dilakukan supaya bisa berkembangnya usaha yang dijalankan.

Trend Bisnis Modal Kecil Dengan Keuntungan Berlipat

Tren bisnis modal kecil juga bisa menciptakan peluang usaha yang makin beraneka macam. Dibutuhkan peninjauan dan analisa bisnis yang tepat agar tren bisnis modal kecil bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kita memulai usaha yang bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Karena bukanlah hal yang mudah untuk memulai usaha bisnis yang langsung sukses dengan berdasarkan trend bisnis dengan menggunakan modal kecil yang ada di masyarakat.

Kamu bisa memilih trend usaha bisnis menggunakan modal kecil yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan analisa taget market yang kamu lakukan. Melakukan riset dengan cara sederhana sebelum kalian akan memilih usaha apa yang akan kamu jalankan nanti. Berikut 6 tren bisnis modal kecil berdasarkan tipe modal bisnisnya. Kamu bisa memilih untuk bisa dijadikan sebagai ide bisnis untuk memulai bisnis yang sesuai minat kalian.

Usaha Kuliner

Salah satu jenis Trend bisnis yang menggunakan modal kecil yang paling menjanjikan dan merupakan usaha yang paling banyak diminati oleh sebagaian masyarakat indonesia yaitu bisnis kuliner. Seperti yang pernah kita ulas di artikel usaha kuliner, Jenis usaha ini bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat. Karena baik dari segi modal, Usaha kuliner ini tidak sulit untuk dilakukan tetapi bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Target market dari bisnis usaha kuliner inipun bisa mencakup ke semua elemen. Hal inilah yang membuat bisnis usaha rumahan kuliner ini punya peluang yang sangat besar untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Contoh usaha rumahan kuliner antara lain.

1.Bisnis Usaha Makanan Sarapan

Usaha Menu Sarapan
foto : Liputan6.com

Melihat peluang ketika di pagi hari banyak yang mempunyai aktifitas yang padat. Mulai dari orang yang bersiap untuk pergi bekerja hingga mengantarkan anaknya pergi ke sekolah. Pastinya dengan adanya kesibukan itu membuat mereka lupa dengan mempersiapkan sarapan di pagi hari. Padahal sarapan adalah sesuatu yang sangat penting untuk orang yang akan melakukan aktifitas seperti sekolah ataupun bekerja.

Kondisi ini bisa membuatmu untuk memanfaatkan sebagai usaha bisnis. Bisnis menu sarapan adalah sesuatu yang bisa kamu jalani. tidak perlu untuk menyewa tempat di luar, kamu bisa membuat halaman rumamu sebagai tempat rumah makan untuk mulai usaha bisnis menu sarapan ini. Contoh yang bisa kamu bisa jual seperti nasi kuning, bubur, nasi uduk maupun lontong sayur dan masih banyak kuliner tradisional indonesia lainya. Untuk modal untuk memulai usaha inipun bisa dibilang hanya bermodal kecil.

2. Usaha Snack Atau Makanan Ringan

Usaha Snack Atau Makanan Ringan
foto : sahabatpegadaian.com

Bisnis snack ringan atau makanan ringan sudah pasti bisa dijalani oleh semua orang. Sebab target pasar dari bisnis usaha snack atau makanan ringan sangat luas. Mulai dari anak kecil hingga orang tua yang konsumsi untuk sebagai dijadikan camilan. Jenis-jenis usaha snack atau makanan ringan pun sangat beraga, dan memungkinkan untuk sebagai bisnis yang sangat menggiurkan.

Jika kamu ingin memulai usaha bisnis snack ringan ini dengan modal yang kecil. Mungkin kalian bisa memulai dengan makanan ringan seperti keripik singkong. Karena bahan dan mudahnya cara pembuatan bisa kamu lakukan dengan mudah untuk memulai usaha bisnis snack ringan ini.

Contohnya saja untuk memproduksi 250 bungkus makanan ringan keripik singkong, jadi bahan dasar singkong yang dibutuhkan adalah kira-kira sebesar 15-17 kg. Bawang putih, minya, serta garam sebagai tambahan untuk bahan makanan ringan keripik singkong. Kemudian sesuaikan untuk jenis kemasanya bisa menggunakan plastik.

Untuk memulai bisnis usaha kecil makanan ringan tersebut kamu hanya membutuhkan modal kurang dari 1 juta. Mungkin Sekitar 300-500 ribu, kalian sudah bisa memulai usaha bisnis snack atau makanan ringan. Untuk pemasaranya pun bisa terbilang sangat mudah, kamu bisa coba dengan menjual di sekitar rumahmu ataupun dengan menitipkan keripik singkong ini ke warung-warung. Dan jangan lupakan untuk menggunakan kekuatan mulut ke mulut dari orang lain yang sudah pernah membeli keripik singkong kamu.

3. Bisnis Minuman Kekinian

Bisnis Minuman Kekinian
foto : umkmaja.id

Selain usaha makanan ringan atau snack dan makanan untuk sarapan, usaha minuman juga bisa dibilang sebagai usaha modal kecil karena untuk memulai usaha ini kalian bisa meggunakan modal dibawah 1 juta. Cobalah peluang dengan mengikuti trend yang ada dan sedang terjadi di pasaran. Contohnya saja dipasaran sedang laku minuman kopi dengan paduan susu yang menggunakan beragam varian rasa. Jadi kamu bisa memulai dengan bisnis usaha kopi dengan kekinian. Dan kamu harus pastikan untuk kemasan yang menarik untuk dijual dipasaran.

Tetapi kamu harus melakukan analisa kepada kompetitor kalian di sekitar. Apakah banyak yang menjual produk seperti usaha yang ingin kalian mulai? Apakah lokasi usahanya berdekatan dengan tempat usaha kalian? Apakah terdapat banyak anak muda di sekitar lokasi usaha bisnis kalian? Karena anak muda adalah target market yang sesuai untuk menjadi target bisnis kalian. Kalian tidaklah perlu untuk menyewa tempat yang besar, cukup menggunakan lapak-lapak kecil yang ada di pinggir jalan atau wilayah yang sangat ramai dan berpotensi.

Usaha Jasa

Kalau untuk memulai usaha bisnis jasa ini kalian bisa tidak menggunakan biaya modal sepeserpun. Di zaman yang milenial ini kamu bisa menggunakan apa yang sudah kamu punya. Modal untuk memulai usaha jasa ini cukup dengan handphone dan internet. Untuk keuntungan dari usaha jasa ini juga terbilang sangat menggiurkan. Simak beberapa contoh usaha jasa dibawah ini.

1. Usaha Jasa Titip

Bisnis usaha ini tanpa mengeluarankan modal sama sekali tetapi asalkan kalian mengajak orang untuk target pasar dan punya banyak jaringan. usaha bisnis jasa titip ini bisa untuk semua jenis-jenis produk, contohnya mulai dari produk yang digunakan sehari-hari seperti fesyen, barang yang dikonsumsi oleh orang, atau juga bisa produk yang dipajang.

Ide sebenarnya dari usaha jasa titip ini adalah memfasilitasi orang banyak yang ingin mempunyai barang atau produk dari luar negeri tapi belum mempunyai kesempatan pergi kesana. Dan orang yang bisa pergi ke luar negeri ini seperti untuk urusan kerja atau juga dengan bepergian liburan untuk memanfaatkan usaha bisnis jasa titip untuk mendapatkan keuntungan.

Tidak perlu untuk melakukan analisa dari target pasar apa yang sedang trending dan digemari saat ini. Kalian cukup memberitahu saja tujuan kamu pergi dan barang atau produk apa yang orang-orang inginkan dari tempat yang kalian ingin tuju. Harga dari barang atau produk yang akan diminta oleh konsumen biasanya akan dinaikkan harganya 10-15%. tetapi untuk memulai usaha ini jangan lupa untuk kalkulasi barang bawaan kalian ya guys, apalagi menggunakan moda transportasi pesawat udara.

2. Bisnis Usaha Dropship

Untuk menjadi dropship ini kalian bisa memulai dengan tanpa menggunakan modal sama sekali. Untuk memulai bisnis usaha dropship inipun tidak sulit sama sekali. Kamu hanya menyampaikan pesanan dari orang lain ke toko yang menjual produk pertama kali untuk diteruskan oleh produk pertama agar barang dikirim oleh toko yang menjual produk pertama. Sistem menggunakan model droship ini semakin populer setelah e-commerce bisa menggunakan sistem bisnis ini.

Ketika kamu memilih untuk menjalani bisnis dropship ini kalian bisa mendapatkan keuntungan serta juga mendapat pengalaman di bidang bisnis toko online. Sistem ini berjalan sebagaimana penjual dan pembeli pada umumnya. Kalian menjual produk dari toko pertama lalu memasarkan produknya, dan konsumen akan membeli barang yang kalian jual melalui platform apapun.

Proses untuk menjadi dropshipper juga tidaklah rumit. kalian tinggal menjadi dropshiper sesuai dengan kesepakatan antara kalian dan toko pertama. Lalu kalian akan mempromosikan atau menawarkan kepada orang lain agar produk yang dipasarkan bisa terjual. Kamu bisa menggunakan media sosial dan sudah pastinya internet untuk melakukan promosi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Ini Syarat Penerima Bantuan UMKM Rp 2,4 juta

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan untuk mengeluarkan bantuan tunai kepada UMKM dengan sebesar Rp 2,4 juta, berikut adalah syarat untuk mendapatkan bantuan...

Agustus, Rencana Bantuan Rp 2,4 juta untuk UMKM akan diumumkan

Jakarta, UMKMAJA.id - Bulan Agustus rencana pemerintah mengumumkan bantuan Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM produktif. Rencana Pemerintah untuk...

Bank Sinarmas Siap Dukung Program Digitalisasi 10 juta UMKM

Kerjasama antara e-commerce dan Bank Sinarmas siap dukung program digitalisasi 10 juta UMKM. Bank Sinarmas juga siap akan menyelenggarakan...

Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Hingga 200 juta untuk UMKM Dari Pertamina!

UMKMAJA.id - Kabar gembira bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. PT Pertamina akam memberikan pinjaman bagi para mitra yang sudah...

Recent Comments